COMPANI PROFILE PROSPEK GAHARU GALERY KEGIATAN HUBUNGI KAMI

Senin, 29 Oktober 2012

Kutai Timur Kembangkan Budidaya Gaharu


Samarinda.
Sejumlah  Warga Desa Mawai indah Kecamatan Batu ampar,Kabupaten Kutai Timur, Propinsi Kalimantan Timur sejak beberapa waku lalu mulai mengembangkan budidaya gaharu di daerah tersebut,hal ini di karenakan komoditi gaharu ini selain ramah lingkungan juga dapat meningkatkan tarap perekonomian masyarakat.  
kegiatan sosialisasi di desa Mawai Indah
Direktur PT.SBS Gaharu Friska Khariani  Ambarita dalam sosialisasi di desa tersebut Baru-baru ini mengatakan Desa Mawai indah Merupakan salah satu desa yang mempunyai minat yang tinggi dengan Budidaya gaharu,hal ini terlihat setelah program kemitraan  yang di tawarkan pihaknya kepada masyarakat mendapat respon yang baik.
“kita berharap melalui sosialisasi ini  pengembangan gaharu kedepan khususnya di Kalimantan Timur berjalan terus dan dapat dilirik sebagai  komoditi HHBK sebagai unggulan Daerah,” ungkap Friska, di hadapan Ratusan warga di balai Desa Mawai Indah Baru-baru ini.
Lebih jauh Friska mengatakan,pohon gaharu adalah salah satu pohon termahal didunia,karena mempunyai manfaat yang luar biasa ,termasuk sebagai bahan pengikat parfum kosmetik,herbal,ritual keagamaan,dan keperluan lainnya.
Stok Persediaannya kini mulai habis mengingat kebutuhan dunia sangat tinggi.Untuk Memenuhi kelangsungan  kebutuhan dunia kini perlu dilakukan Budidaya sebagai upaya kelanjutan ekpor kita,karena  sebelum tahun 2004  hanya mengandalkan hasil hutan,”tahun 2005 indonesia tidak pernah lagi ekpor karena persediaan stok sudah habis,dengan demikian kita perlu pelestarian dan menjaga spieces ini dari kepunahan,”ungkap wanita yang gencar melakukan pengembangan budidaya gaharu di Nusantara ini.
Sementara itu Humas PT.SBS gaharu Antoni menambahkan,pohon gaharu dapat di tumpang sarikan bersama tumbuhan yang lain tanpa harus menebang pohon-pohon  sekitar,karena tanaman ini sangat bersahabat dengan tanaman lain.
Cara penanaman juga relatif mudah,cukup melobangi panjang dan lebar 30 cm dan kedalaman 30 cm dengan memasukkan pupuk kandang atau organik atau kompos yang di campur dengan tanah,kemudian di biarkan sekitar 1 minggu atau lebih,setelah itu bibit yang di karantina selama 2 minggu lebih bisa di tanam.
Kemudian pemupukan bisa di lakukan 1 kali dalam 3 bulan untuk mendapatkan dia meter 4 cm dalam setahun.setelah itu umur 3 tahun dengan mendapatkan diameter 10-15 cm pohon boleh di inokulasi,sambil menunggu 2-3 tahun setelah inokulasi pohon siap di panen.
Pada intinya tanaman ini adalah tanaman hutan jadi untuk proses penanaman tidak terlalu memilih,asal jangan di tempat yang basah yang di genangi air selama 24 jam,” Papar Antoni
Sementara itu Kepala Desa Mawai Indah Hasanuddin menyambut baik kemitraan yang di bangun PT.SBS dengan warganya,karena dengan kehadiran Pihak ketiga dianggap sangat membantu Petani  Mendampingi Petani sampai Proses penjaminan Panen ,”jelas Hasanuddin
Selain itu pihaknya,sangat Mengharapkan Perusahaan PT.SBS Gaharu dapat membuka perwakilannya di wilayahnya untuk mempermudah konsultasi  sebagai bapak angkat para petani karena mempunyai pola Kemitraan yang jelas, mulai pendampingan petani dari proses tanam hingga  Proses panen yang di kuatkan dalam bentuk perjanjian certifikat dan aktenotaris sehingga dianggap sangat menguntungkan petani.
“ Dengan sistim kemitraan bagi hasil 35% untuk perusahaan dan 65% untuk petani ini kami anggap sangat adil karena sistim yang di tawarkan pihak perusahaan dapat memberikan solusi pembiayaan Inokulasi secara gratis dan pendampingan kepada mitra petani.
“Mudah-mudahan sistim kerja sama ini terus di kembangkan sehingga benar-benar dapat menyentuh langsung  kesejahteraan para petani,” harapnya. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar